Temukan Informasi Ijazah Asli Terlengkap

Cek Ijazah Online Untuk Verifikasi Keaslian Begini Caranya!

cara cek ijazah online SIVIL
cara cek ijazah online SIVIL

Cek ijazah online adalah cara paling cepat untuk memastikan keaslian ijazah tanpa harus mendatangi universitas. Ada kalanya seseorang wajib untuk membuktikan keaslian ijazah untuk tujuan dan kebutuhan tertentu. Biasanya hal ini terjadi apabila instansi atau tempat kerja memberlakukan kebijakan baru. Tentu saja sebagai pekerja, hanya bisa mengikuti dan melaksanakan tuntutan cek keaslian tersebut.

Penulis masih ingat betul pada tahun 2012 yang lalu, saat kantor mewajibkan semua tim menunjukan hasil verifikasi keaslian ijazah. Tuntutan pekerjaan adalah alasan mengapa cek keaslian ijazah penting dan wajib. Pada waktu itu, untuk melakukan pemeriksaan keaslian ijazah hanya bisa melalui verifikasi langsung ke kampus tempat penulis kuliah dulu. Sungguh pekerjaan yang tidak mudah waktu itu, karena belum bisa cek ijazah online.

Karena tempat kerja yang berada di luar kota, maka terpaksa harus mengajukan cuti untuk mengunjungi kampus. Jarak yang tidak dekat membuat penulis harus mengorbankan banyak hal, dari waktu, tenaga hingga biaya perjalanan. Ini semata-mata hanya untuk mendapatkan keterangan hasil cek keaslian ijazah dari kampus tercinta. Apa boleh buat, suatu keharusan demi mempertahankan pekerjaan dan menyambung hidup.

Alat Verifikasi Ijazah Elektronik Resmi Tersedia

Akhirnya kabar gembira muncul pada tahun 2016, empat tahun setelah penulis terpaksa harus mendatangi kampus hanya untuk cek keaslian ijazah. Kabar gembiranya adalah pemerintah melalui Kemendikbud resmi meluncurkan situs SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik).

Pada waktu yang bersamaan pemerintah juga menerbitkan PIN (Penomoran Ijazah Nasional). Sehingga seluruh ijazah di Indonesia bisa diverifikasi hanya dengan menggunakan kode berupa nomor ijazah. Saat ini dengan menggunakan situs SIVIL dan nomor ijazah, semua orang bisa dengan mudah cek ijazah secara online.

Hasil verifikasi ijazah menggunakan SIVIL adalah bersifat resmi dan sah oleh negara. Jadi, apabila Anda merasa perlu untuk membuktikan keaslian ijazah, maka website https://ijazah.kemdikbud.go.id/ adalah solusi terbaik.

Cara Cek Ijazah Online Melalui SIVIL

Pengecekan atau verifikasi ijazah melalui SIVIL tidak terlalu susah, meskipun Anda bukan ahli teknologi sama sekali. Cek keaslian ijazah dengan cara ini hanya membutuhkan waktu di bawah lima menit saja dan sangat mudah. Supaya lebih jelas berikut infromasi detail mengenai cara cek ijazah menggunakan SIVIL:

Hal-hal yang harus disiapkan

Untuk kemudahan dan kelancaran verifikasi ijazah Anda, siapkanlah informasi ijazah berikut ini:

  • Nama universitas tempat Anda kuliah
  • Program studi
  • Nomor ijazah (lihat pada lembar ijazah)

Langkah-langkah cek ijazah

Setelah Anda menyiapakan data-data informasi ijazah, maka ikuti petuntuk pengecekan berikut ini:

cara cek ijazah online SIVIL
Cara cek ijazah online SIVIL
  1. Kunjungi situs https://ijazah.kemdikbud.go.id/
  2. Pada bagian Formulir Verifikasi, isi semua data satu persatu: Nama pergurusan tinggi; Program studi; Nomor ijazah
  3. Masukkan angka pengaman, berupa hasil perhitungan angka yang tersedia di kolom
  4. Klik Verifikasi

Berikut adalah hasil verifikasi ijazah asli melalui SIVIL:

Hasil cek ijazah online SIVIL
Hasil cek ijazah online SIVIL

Anda bisa menunjukkan tangkapan layar Anda sebagai bukti cek keaslian ijazah kepada atasan. Bukti ini seharusnya sudah cukup untuk validasi bahwa ijazah Anda asli dan resmi.

Demikianlah tips mengenai cara cek ijazah online, caranya sangat mudah dan kami yakin Anda pasti berhasil melakukannya. Semoga membantu.